Masa Orientasi Santri Baru 2016

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang atas limpahan karunia-Nya, Ponpes Zaadul Maad Palembang sukses menyelenggarakan kegiatan MOS untuk santri baru mulai hari Senin-Ahad, 18-24 Juli 2016, setelah sehari sebelumnya yaitu hari Ahad 17 Juli diadakan pertemuan wali santri baru.

Banyak agenda atau kegiatan yang berlangsung selama masa orientasi, di antaranya ajang pengenalan:
[1] Pengenalan antar santri, di mana para santri diajak memperkenalkan diri masing-masing dan dituntut untuk mengenal santri lainnya baik santri baru maupun santri lama dalam bentuk permainan yang menyenangkan.
[2] Pengenalan pondok pesantren, di mana para santri diajak untuk mengenal lingkungan pondok pesantren, sejarah, dan hal-hal penting lainnya yang seharusnya mereka ketahui tentang rumah baru mereka ini, seperti kunjungan ke maktabah dan bagaimana adab terhadap kitab.
[3] Pengenalan haiah thalabah, semacam organisasi santri, di mana santri baru mengenal apa itu haiah thalabah, visi-misi, program kerja, dan siapa saja para pengurusnya.
[4] Pengenalan guru dan staf karyawan, di mana santri mengenal siapa saja guru atau ustaz yang mengajar serta staf karyawan di pondok pesantren ini.

Kemudian di dalam masa orientasi, santri baru dibekali beberapa ilmu dasar seputar syariat Islam, dimulai dari:
[1] Dasar-dasar akidah, mengenal urgensi tauhid dan bahaya syirik, serta wajibnya mengikuti Nabi.
[2] Tata cara wudu dan sifat salat Nabi, begitu pula tentang adab salat berjamaah dan hal-hal lain seputar salat berjamaah.
[3] Adab makan dan minum

Selain itu, ada aktivitas lainnya yang tidak kalah penting dalam masa orientasi tersebut:
[1] Pembacaan tata tertib dan peraturan di pondok pesantren, mulai dari kedisiplinan, asrama, serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan tata tertib pondok.
[2] Pembagian kamar asrama, buku, lemari, ranjang, kasur, bantal, dan lain sebagainya.
[3] Gali potensi, di mana santri baru mengisi angket menceritakan bakat dan minat mereka, sehingga mereka bisa diarahkan untuk menemukan dana mengasah potensi mereka lebih baik lagi.
[4] Studi kasus dan uji wawasan, di mana santri baru mengisi lembar soal pilihan ganda dan esai berupa kasus permasalahan seputar Islam yang dicari penyelesaiannya.[5] Latihan senam bela diri thifan.
[6] Jalan santai keluar lingkungan pondok pesantren, untuk mengenal lingkungan masyarakat sekitar.
[7] Olahraga futsal, di mana santri baru dibagi beberapa tim, dan dipilih top skore dan tim terbaik untuk menjadi juara.
[8] Kesan dan pesan, di mana santri menuliskan kesan selama masa orientasi dan pesan atau saran untuk masa orientasi ke depan yang lebih baik lagi.
[9] Pemilihan kakak ter- versi santri baru, sebagai hiburan santri baru memilih kakak ter- versi mereka, dimulai dari kakak terbaik, terdisiplin, hingga terlucu.
[10] Pembagian hadiah, kepada santri baru terbaik, yang paling banyak menjawab benar pada uji wawasan dan studi kasus, hingga top skore dan tim terbaik.

Memang ada beberapa kegiatan terencana yang belum bisa direalisasikan karena keterbatasan, akan tetapi semoga masa orientasi ini memberikan manfaat bagi santri baru. Semoga Allah menjaga mereka semua agar istikamah di atas jalan penuntut ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *